Selasa, Desember 18, 2007

Pesawat Simulasi DTI

PESAWAT SIMULASI DIGITAL THERAPY IMAGING (DTI)
Fitrus Ardoni[1], Arif Jauhari[2]





Pendahuluan
Aplikasi teknologi digital dalam proses pencitraan sinar-x pada pemeriksaan radiologi, umumnya dimanfaatkan untuk tujuan efisiensi faktor eksposi, sekaligus untuk meningkatkan kualitas gambar radiografi. Kebutuhan akan citra radiografi yang berkualitas ternyata tidak hanya dibutuhkan untuk proses keperluan diagnosis, akan tetapi juga dibutuhkan dalam proses simulasi penyinaran pada perencanaan pengobatan radioterapi. Proses simulasi penyinaran pada radioterapi menghasilkan salah satu output yang berupa citra radiografi (foto terapi) yang dihasilkan oleh pesawat simulator Radioterapi.
Dalam radioterapi energi yang digunakan umumnya berkisar antara 50 KV sampai 10 MV, yang ditujukan untuk mematikan sel-sel ganas (kanker), namun dalam pelaksanaannya tidak hanya sel-sel ganas yang terkena radiasi, tapi jaringan sehat sekitarnya juga akan ikut terkena, Maka untuk meminimalisasi jaringan sehat sekitarnya dan memaksimalkan pada sel-sel ganasnya diperlukan suatu perencanaan penyinaran yang tepat (treatment planning). Salah satu tahapan penting dalam perencanaan penyinaran radioterapi adalah simulasi.
Proses pencitraan sinar-x pada pesawat simulator radioterapi, baik dalam bentuk fluoroscopy maupun radiografi saat ini telah mulai dilengkapi dengan teknologi digital yang disebut Digital Theraphy Imaging (DTI).

Prinsip Pencitraan Pada Simulasi Radioterapi
Simulasi penyinaran radioterapi pada dasamya adalah proses pencitraan sinar-x secara fluoroskopi yang seolah-olah melakukan teknik penyinaran seperti dengan pesawat treatment radioterapi yang sesungguhnya. Hal ini diperlukan agar teknik penyinaran yang akan diberikan pada pasien benar-benar mencapai sasaran secara optimal dan akurat.
Dari proses simulasi ini didapatkan beberapa parameter untuk penyinaran, seperti; luas lapangan penyinaran, sudut dan arah sumber penyinaran, blokade area yang harus dilindungi, teknik penyinaran, jarak sentrasi dan sudut kolimasi


Hal-hal yang harus dimiliki sebagai syarat minimum dari pesawat simulator adalah; memiliki gantry (C-arm) dengan x-ray tube dan Image Intensifier yang terpasang berhadapan serta dapat diputar 360 derajat dari sumbunya, memiliki kolimator yang dapat diputar 360 derajat terhadap axis sentrasi, memiliki indikator penunjuk jarak Source Axis Distance (SAD), memiliki meja pemeriksaan yang rata, dapat diatur naik-turun (vertical), maju-mundur (longitudinal), digeser kiri-kanan (lateral) dan dapat diputar dari axis sejauh 360 derajat (rotation).
Prinsip dasar dari proses pencitraan dalam simulasi adalah; set-up posisi simulasi (posisi pasien), lalu dilakukan fluoroskopi terhadap pasien pada perkiraan lokasi penyinaran. Gambaran fluoroskopi diteruskan ke Image Intensifier, lalu keperangkat sirkuit elektronik dan ditampilkan dimonitor fluoroscopy (cctv). Kemudian akuisisi posisi simulasi, dan selanjutnya dilakukan eksposi radiografi yang menghasilkan foto simulator (foto terapi).

Digital Therapy Imaging pada Pesawat Simulator

Digital Therapy Imaging sesungguhnya merupakan perangkat komputer tambahan yang dapat dirangkaikan dengan perangkat pencitraan pada umumnya. Pencitraan gambar fluoroskopi akan tampil selama eksposi dilakukan. Dan bila eksposi dihentikan, gambar tersebut berikut nama dan identitas pasien menjadi tampilan gambar diam (freezed) pada title bar. Tampilan tersebut biasa disebut dengan Last Image Hold (LIH).
Gambaran freezed dapat disimpan ke dalam data base (hard disk) bersamaan dengan parameter posisi simulasi dan data pasien. Selanjutnya bila diperlukan, sistem ini dapat menampilkan kembali gambar yang telah tersimpan untuk keperluan pengaturan (manipulasi) gambar, kontras dan ketajaman sesuai dengan yang diinginkan. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menambahkan teks atau gambaran garis-garis bentuk blok, sehingga informasi yang ditampilkan menjadi lebih optimal.

Secara prinsip cara kerja dari digital therapy imaging sama dengan pesawat simulator konvensional umumnya, yaitu mengambil gambaran dari objek dengan proses fluoroscopy. Pada digital therapy imaging ini gambaran hasil fluoroscopy bisa disimpan dan bisa diatur kontras dan densitas gambarannya serta bisa ditambahkan keterangan-keterangan data pasien dan garis-garis bentuk blok. Hasil simulasi (foto terapi) tidak selalu dicetak di film, tetapi lebih sering dicetak pada kertas biasa. Hal ini tentunya secara ekonomis sangat menguntungkan dan juga mempercepat waktu pelaksanaan proses simulasi radioterapi.
Kelebihan Digital Therapy Imaging dibandingkan dengan pesawat simulator konvensional adalah:
  1. Dari segi dosis radiasi terhadap pasien. Dengan digital therapy imaging dapat mengurangi waktu (durasi) fluoroskopi, sehingga dapat mengurangi dosis sinar-x yang diterima pasien dalam proses simulasi.
  2. Dari segi ekonomi. Digital therapy imaging memiliki nilai efisiensi secara ekonomi, karena hampir tidak diperlukan lagi penggunaan film radiografi. Hasil pencitraan berikut data pasien dan parameter simulasi bisa dicetak pada lembarankertas melalui mesin printer.
  3. Digital therapy imaging juga menyediakan fesilitas Digital Image Communication in Medicine (DICOM). Selanjutnya hasil simulasi dapat langsung ditransfer ke unit kerja terkait melalui jaringan Local Area Network (LAN) atau melalui sistem Picture Arsips Communication System (PACS).

Komponen dari Digital Therapy Imaging (DTI)
DTI terdiri dari 2 kelompok fungsional:
  1. Sebagai komputer biasa yang berisi; processing unit; hardware computer eksternal; software computer untuk DTI.
  2. Sebagai perangkat keras akuisisi dan procesing data yang terletak di dalam komputer (Data Acquisition and Processing Hardware). C

[1] Radiografer pada Instalasi Radioterapi RS. Kanker Dharmais, Jakarta.
[2] Peneliti pada Pusat Kajian Radiografi dan Imajing (Puskaradim), Jakarta.

10 komentar:

Anonim mengatakan...

Disebutkan dalam makalah Simulasi DTI bahwa tahapan penting dalam perencanaan penyinaran radiografi adalah Simulasi. Apakah ada tahapan lain selain simulasi?? dan apakah Therapy Imaging bisa untuk semua bagian tubuh atau hanya untuk bagian-bagian tertentu saja??
terima kasih,,,

RIZAL AS mengatakan...

Simulasi pesawat DTI merupakan alat perencanaan penyinaran (treatment planing) yang di tujukan untuk mematikan sel-sel kanker agar tidak mengenai sel-sel sehat.Yang saya tanyakan
1. Bagaimanakah cara penggunaan alat DTI pada pesawat simulator?
2. Apakah DTI pada pesawat simulasi memiliki kelemahan tertentu? jika ada apa!

I SWADANA

Bakti Riyanto (07.073) mengatakan...

ass...pa saya mo nanya ne,,,
selain digunakan untuk perencanaan penyinaran(treatment planing)pesawat ini digunakan untuk apa lagi???apakah tidak mematikan sel-sel sehat???
thank"z
wass...

maya krishna daya mengatakan...

ass,,

apakah kelebihan pesawat DTI dan dampaknya????


trim pak

Puput,,, kirei!!! mengatakan...

Pak,,
apakah pesawat DTI ini sudah digunakan di rumah sakit di seluruh indonesia?
Jika iya berarti flouroscopy tak akan digunakan lagi dong!
Jika tidak kenapa belum digunakan pak? kan kita yang sedang krisis di segala bidang harusnya ngirit pak,,,
gmana pendapat bapak?

Teguh A. mengatakan...

Apakah pesawat DTI merupakan pesawat satu-satunya yang digunkan untuk radioterapi? apakah tidak ada pesawat terbaru yang lain mungkin yang menghemt daya listrik, secara pak kita kan harus menghemat listrik,,,,,
STOP GLOBAL WARMING!!!!

wULan mengatakan...

Ass.

SmOga yaNg mNjawAb sALam sAya mNdaPatKan bErkah,,,
AmiEn,,

Adakah Kelebihan yAnG LaiN dAri Digital Therapy Imaging dibandingkan dengan pesawat simulator konvensional sELAin di LihaT Dari segi dosis radiasi terhadap pasien,Dari segi ekonomi, serTA Digital therapy imaging juga menyediakan fesilitas Digital Image Communication in Medicine (DICOM)???

Wass..

M. Heriyan F mengatakan...

Ass..
Bagaimanakah cara menganalisa suatu jenis penyakit yang belum kita ketahui debgan menggunakan Parameter Simulasi Pesawat DTI??.,,
WassaLam,..

M. Heriyan F mengatakan...

Ass..
Bagaimanakah cara menganalisa suatu jenis penyakit yang belum kita ketahui debgan menggunakan Parameter Simulasi Pesawat DTI??.,,
Pa,maaf td saya salah tdk ada namanya
WassaLam,..

maya krishna daya mengatakan...

ass pak...

penderita kanker di indonesia terus meningkat sampai saat ini telah mencapai angka 45%, tapi kenapa dengan adanya PESAWAT STIMULASI DTI tidak mampu menekan angka penderita kanker?atau mungkin selama ini kerja dari alat tersebut belum bekerja optimal seperti yang diharapkan?

Pak, gak papakan saya nanya lagi..bis pertanyaan yang kemaren kayakna kependekan deyh..
hehehe...

makasi pak..